Tutorial

Cara Mudah Instal MariaDB

Cara Mudah Instal MariaDB

Oke, Jadi gini. Pada artikel ini, saya akan membagikan cara mudah instalasi versi MariaDB secara spesifik. MariaDB sendiri merupakan sebuah relational database management system (DBMS) yang sering digunakan untuk basis data yang komplek.

dwp-mariadb

Permasalahan

Kebutuhan akan instalasi MariaDB secara spesifik versi ini saya dapatkan ketika mengerjakan tugas deployment database di Ubuntu 22.04. Jika kita langsung melakukan instalasi dengan perintah sudo apt install mariadb maka kita akan mendapatkan paket instalasi versi terbaru dari MariaDB, padahal untuk saat ini kebutuhan penggunaan di versi 10.9.4.

Oke langsung saja berikut langkah yang harus dijalankan.

Solusi

Langkah awal ini kita coba mengunduh script untuk konfigurasi akses repositori MariaDB dengan menjalankan perintah berikut:

wget https://downloads.mariadb.com/MariaDB/mariadb_repo_setup

Selain itu kita juga dapat menjalankan perintah dengan parameter mariadb-server-version agar ketika mengunduh script sekalian mengubah versi default dari MariaDB. Cara dengan menjalankan perintah berikut:

curl -LsS https://r.mariadb.com/downloads/mariadb_repo_setup | sudo bash -s -- --mariadb-server-version="mariadb-10.9.4"

dwp-mariadb_repo_setup

Setelah proses selesai, coba jalankan perintah apt update untuk melakukan pembaruan paket yang sudah kita tambahkan dan nantinya akan muncul paket baru dari MariaDB

$ sudo apt update

...
Get:2 https://dlm.mariadb.com/repo/mariadb-server/10.9.4/repo/ubuntu jammy InRelease [7767 B]
Get:4 https://dlm.mariadb.com/repo/maxscale/latest/apt jammy InRelease [9350 B]
Hit:3 https://downloads.mariadb.com/Tools/ubuntu jammy InRelease   
...

Lalu untuk memastikan bahwa paket repositori MariaDB versi 10.9.4 tersedia atau tidak, kita jalankan perintah apt search:

$ apt search mariadb

Nantinya akan muncul beberapa paket yang berhungan dengan nama mariadb. Namun coba telusuri sampai menemukan baris mariadb-client atau mariadb-server dengan tambahan kode versi 10.9.4 berarti paket dari MariaDB versi 10.9.4 tersedia dan siap di pasang.

...
mariadb-client/unknown 1:10.9.4+maria~ubu2204 amd64
  MariaDB database client binaries

mariadb-server/unknown 1:10.9.4+maria~ubu2204 amd64
  MariaDB database server binaries
...

Langsung saja instal MariaDB dengan menjalankan perintah berikut:

sudo apt install mariadb-client mariadb-server

Tunggu beberapa saat sampai proses unduh dan instal selesai, lalu coba cek versi dari MariaDB tersebut

mariadb -V

Taraa! dwp-mariadb_version

Kesimpulan

Oke, jadi gini.
Setelah masalah terbitlah solusi, lalu setelah solusi munculah kesimpulan di akhir tulisan ini. HEHE

Bawasannya kesimpulan dari tulisan ini yaitu kebutuhan akan pemasangan aplikasi dengan versi spesifik dapat dilakukan dengan cara menambahkan repositori dengan spesifik versi. Selain itu butuh kesabaran dan percobaan akan error.

Sampai jumpa di Catatan saya berikutnya. Terima kasih.