Docker

Bermain dengan Docker

Bermain dengan Docker

Halo semuanya, kembali lagi pada tulisan ini, saya akan membagikan cara mulai Bermain dengan Docker Container. Nnatinya saya akan bahas tentang bagaimana cara menjalankan dan mengoperasikan docker. So, lanjut aja ke topik bahasan.

dwp-mariadb

Menjalankan Docker

Sebelum memulai untuk bermain dengan docker, pastikan mesin temen-temen sudah terpasang atau instal Docker dan kalau pun belum terpasang bisa lihat tulisan saya Instal Dokcer di Ubuntu.

Mencari image docker

Oke langsung saja untuk saat ini kita coba untuk melakukan pencarian image web server nginx dengan menjalankan perintah berikut:

docker search nginx

dwp-docker-search

Selain menjalankan perintah docker search, kita juga bisa melakukan pencarian image docker dengan mengunjungi halaman DockerHub yang merupakan publik repositori image docker. dwp-dockerhub

Mengunduh image docker

Setelah kita melakukan pencarian image docker, selanjutnya kita akan coba untuk mengunduh image docker ke dalam mesin kita dengan menjalankan peritah berikut:

docker pull nginx

dwp-docker-pull

Melihat image docker

Setelah mengunduh image docker pada mesin, pastinya kita periksa image docker apa saja yang sudah terunduh dengan menjalankan perintah:

docker image ls

docker images

dwp-docker-images

Menjalankan image docker

Selanjutnya kita akan mencoba menjalankan image docker yang sudah di unduh. Dalam menjalankan image docker ada beberapa argumen yang dapat kita tambahkan kan ketika menjalankan image docker tersebut.

  1. Menjalankan docker secara realtime, yaitu kita dapat melihat log proses yang berjalan saat image docker dijalankan.
docker run nginx

dwp-docker-run

  1. Menjalankan docker dengan proses pada background. Jadi, untuk menjalankan proses docker pada background dapat menambahkan opsi detach atau -d pada perintah docker.
docker run -d nginx

dwp-docker-run

  1. Menjalankan docker dengan memberikan nama. Jadi, selain menjalankan proses docker pada background, kita juga bisa sekalian mememberikan nama dengan menambahkan opsi pada perintah docker.
docker run -d --name my-nginx nginx

dwp-docker-run


Sekian catatan awal saya bermain dengan Docker. Jika di kemudian hari perlu ada perubahan atau tambahan dari catatan Bermain dengan Docker akan saya update catatan ini.

Terima kasih dan sampai bertemu di catatan saya lainnya.