Tutorial

Memperbaiki Booting Lama pada Ubuntu

Memperbaiki Booting Lama pada Ubuntu

Proses booting yang lama pada sistem operasi di PC atau laptop memang membuat sedikit gelisah, karena menunggu proses tersebut hingga selesai membutuhkan cukup waktu.

Saat ini saya mendapati sebuat masalah yang menurut saya cukup mengganggu, di mana ketika menyalakan laptop proses booting pada laptop saya memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya. Padahal laptop sudah menggunakan SSD untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu, tetapi masih saja lama. Hal ini saya dapati ketika SSD saya pindah dari laptop X250 ke laptop baru X230. Dari situlah masalah tersebut muncul.

Saya coba telusuri dimana letak dari masalah yang membuat booting lama, yaitu saya coba cek proses yang berjalan pada saat booting dengan langkah - langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama saya coba melihat proses apa saja yang berjalan saat booting dengan menjalankan perintah systemd-analyze blame. Dimana perintah tersebut menunjukkan proses apa saja yang berjalan dan saya coba hentikan proses yang sekiranya tidak diperlukan saat start awal.
    dwp-systemd-analyze blame

  2. Langkah kedua menjalankan perintah systemd-analyze time untuk melihat jumlah waktu saat proses booting. Setelah langkah pertama dan kedua dijalankan, saya coba reboot laptop dan ternyata masih saja proses booting masih lama.
    dwp-systemd-analyze time

  3. Lanjut pencarian pada langkah ketiga ini saya coba reboot dan amati kembali proses booting dengan masuk mode CLI. Pada mode CLI ini akan ditampilkan proses booting dengan baris - baris tulisan. Akhirnya pada langkah ini saya dapati ada proses pembacaan UUID dari disk yang membuat proses booting lama.

Setelah mengetahui hal tersebut maka saya ubah file konfig pada /etc/fstab dan menghapus pada baris UUID dari disk yang tidak diperlukan dan save. Lalu coba reboot kembali laptop dan akhirnya proses booting berjalan dengan baik tidak memerlukan waktu yang lama.

Untuk melihat kode UUID yang benar bisa dilihat dari aplikasi bawaan Ubuntu bernama Disk.

Kesimpulan

Dari masalah proses booting yang lama dan setelah melakukan langkah - langkah di atas, ternyata UUID disk tersebut merupakan secondary disk yang terpasang pada laptop sebelumnya. Sekarang laptop saya sudah berjalan normal proses bootingnya.

dwp-thumbnail-2021-08